Warung Internet

Dunia yang asik untuk berbagi...

Pada tanggal 19 November 2012 DD akan ganti template, jadi jika kamu mengalami gangguan pada tanggal itu Admin mohon maaf | Mohon maaf untuk sementara artikel Humor dan Cermis belum bisa diposting. InsyaAllah akan mulai berjalan normal pada awal bulan desember 2012 |

Kamu suka artikel ini? Klik "Like" dan +1!

ada tanggal 1 April setiap tahunnya yang disebut sebagai hari April Mop atau April Fools Day, orang diperbolehkan berbohong atau menipu untuk memberikan lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Tak hanya sekedar diperbolehkan saja, bahkan pada hari itu ada beberapa kalangan yang menganggapnya sebagai hari wajib untuk berbohong.

Sejarah tentang asal usul April Mop ini simpang siur, ada beberapa versi yang mencoba menjelaskannya.

Versi pertama, ada yang mengatakan bahwa asal usul April Mop ini terjadinya pada masa Kerajaan Romawi diperintah oleh Raja Constantin I.

Pada waktu itu, para pelawak kerajaan mengajukan petisi kepada Raja agar diizinkan salah satu dari mereka menjadi raja hanya untuk sehari saja. Raja kemudian menyetujui petisi ini, lalu mengangkat salah satu pelawak yang bernama Jeter untuk menjadi Raja Sehari. Setelah naik tahta, Raja Jeter ini kemudian menetapkan tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan.

Versi kedua lain lagi ceritanya. Menurut versi ini, tradisi April Mop ini awalnya adalah perayaan festival Ceres pada saat jaman Romawi kuno, yang selalu dilaksanakan setiap awal April.

Ceres ini adalah dewi panen yang putrinya diculik Pluto, dewa dunia gaib. Lalu Ceres diceritakan mencari anaknya itu dengan mengikuti gema suara teriakan anaknya. Apa yang dilakukan Ceres itu dianggap sebagai sesuatu yang mustahil sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan ‘a fools errand’ atau tugas orang bodoh.

Versi ketiga juga berlainan pula ceritanya. Pada versi ini dikatakan bahwa April Mop ini mulai dikenal sejak tahun 1582 Masehi di Perancis pada masa pemerintahan Raja Charles IX.

Pada masa itu, Paus Gregory XIII merubah penanggalan kalender yang semula 1 tahun hanya terdiri dari 10 bulan menjadi 12 bulan seperti penanggalan kalender Masehi sekarang.

Dan, merubah perayaan Tahun Baru yang semula dirayakan selama seminggu dari tanggal 25 Maret sampai tanggal 1 April, menjadi ke tanggal 1 Januari.

Namun sejumlah masyarakat ada tidak menyetujui perubahan ini dan mereka terus melanjutkan perayaan Tahun Baru pada setiap tanggal 1 April.

Perilaku mereka ini ditentang oleh sejumlah masyarakat lainnya yang menyetujui perubahan ini. Sehingga pada hari itu mereka memberikan lelucon dengan undangan tahun baru yang palsu dengan alamat yang palsu pula.

Selanjutnya, ada pula versi yang lain lagi. Pada versi keempat ini, April Mop dikatakan merupakan hari peringatan dimana umat Islam Spanyol ditipu dan dibohongi serta dibantai.

Peristiwanya itu terjadi di tanggal 1 April tahun 1487 Masehi atau 892 Hijriyah.

Saat itu, satu demi satu wilayah Muslim Spanyol jatuh ke tangan pasukan Salib. Sampai akhirnya daerah terakhir yang masih bisa dipertahankan hanya tinggal Granada saja.

Namun, keadaan umat Islam di Granada pun sudah sedemikian payah dan terdesak. Sehingga untuk menghindari jatuhnya korban lebih banyak lagi di kalangan penduduk sipil, diadakanlah perundingan dengan pasukan Salib.

Hasil perundingannya, pasukan Muslim menyerahkan Granada kepada pasukan Salib, dan umat Muslim baik yang menjadi tentara maupun penduduk sipilnya diperkenankan meninggalkan Spanyol melalui pelabuhan Granada dengan aman dan damai, asalkan pada saat berkumpul di pelabuhan itu tidak seorang pun dari umat Islam yang boleh membawa senjata.

Akan tetapi, setelah umat Islam berkumpul di pelabuhan untuk naik menuju kapal pengangkutnya, mereka telah dibohongi dan ditipu.

Kapal-kapal pengangkut dibakar, dan mereka tentara yang tak bersenjata termasuk juga penduduk sipilnya dibantai secara keji tanpa dapat membela diri.

Jadilah hari itu diperingati sebagai hari April Mop dengan cara hari dimana diperbolehkannya untuk menipu dan berbohong kepada orang lain.

Entahlah dari beberapa versi itu mana yang benar, masing-masing versi mempunyai dasar argumentasinya.

Namun yang jelas, di hari April Mop ini seakan sudah menjadi hari dimana setiap orang diwajibkan untuk berbohong dan menipu, sedangkan mereka yang berhasil dibohongi atau ditipu tidak diperbolehkan marah.

Sesuatu yang tampaknya menyenangkan dan menghibur serta menggembirakan. Namun celakanya, karena sudah menjadi tradisi itu maka sebuah berita yang tak bohong pun menjadi dicurigai sebagai berita bohong.

Salah satunya pernah terjadi pada tanggal 1 April tahun 1946. Saat itu terjadi gempa di Hawaii dan Aleutian serta Alaska. Karena peristiwanya terjadi bertepatan dengan April Mop, maka peringatan adanya tsunami dianggap sebagai berita bohong saja.

Lantaran tidak dipercaya, maka banyak jatuh korban. Dan, peristiwa tsunami pada tanggal 1 April 1946 itu dikenal sebagai ‘tsunami April Mop’.

Wheww.....!
Mengerikan...!

Jika kamu suka artikel ini, sumbangkan komentar kamu

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meluangkan sedikit waktunya untuk memberikan komentar tentang apa yang telah dibacanya... :)