Warung Internet

Dunia yang asik untuk berbagi...

Pada tanggal 19 November 2012 DD akan ganti template, jadi jika kamu mengalami gangguan pada tanggal itu Admin mohon maaf | Mohon maaf untuk sementara artikel Humor dan Cermis belum bisa diposting. InsyaAllah akan mulai berjalan normal pada awal bulan desember 2012 |

Kamu suka artikel ini? Klik "Like" dan +1!


mimpi buruk

Bangun mendadak atau terkaget-kaget saat tengah terlelap biasa terjadi pada orang yang mengalami mimpi buruk. Temanya pun beragam. Mulai dari kehilangan orang yang dicintai, terperangkap lorong gelap, terlambat untuk janji penting, sampai dikejar-kejar rakasa atau hantu.

Seperti dikutip dari laman Galtime.com, sejumlah pakar lalu mencoba mengungkap makna di balik mimpi-mimpi mengerikan yang mengganggu, dan membuat banyak orang panik saat terbangun.

Jean Campbell, seorang penulis sekaligus peneliti tentang mimpi, mengatakan, tidak ada yang buruk tentang mimpi. Semua yang muncul dalam bunga tidur justru dapat mengajarkan sesuatu untuk membangun diri sendiri. "Tergantung bagaimana menyikapinya." 

Ia mencontohkan kisah anak-anak yang mungkin kerap mengalami 'malam teror', bermimpi mengenai hantu atau hal-hal yang menakutkan. "Kami percaya bahwa ini merupakan sebuah periode yang terhubung dengan proses pemisahan diri anak menjadi individual yang mulai tumbuh dewasa," katanya.

"Daripada menertawakan mimpi-mimpi, orang dewasa dapat mengajarkan anak supaya sadar bahwa  itu hanya mimpi," kata Campbell. "Dengan kata lain, anak dapat belajar sejak usia dini menghadapi ketakutan mereka lewat mimpi."

Sementara bagi orang dewasa, Campbell mengatakan, munculnya mimpi-mimpi menakutkan adalah hasil dari kegagalan seseorang untuk melihat apa yang sebenarnya mengganggu saat sedang terjaga. "Mereka adalah suara dari bawah sadar kita," katanya.

"Mimpi buruk tentu membuat kita tidak nyaman, karena mereka berbicara kepada kita hal yang kita akan lebih suka tidak menyadari. Namun, jika kita mengeksplorasi mimpi-mimpi, kita mungkin menemukan hal positif yang akan menjadi sistem peringatan dini tubuh dalam tindakan."

Davina Mackail, seorang pakar mimpi, menambahkan, "Mimpi buruk adalah respons terhadap sesuatu yang belum terpecahkan. Mereka dapat diperburuk oleh stres. Jika Anda menghadapi apa yang muncul, mereka akan pergi. Anda dapat berbohong kepada diri sendiri ketika Anda terjaga, tetapi tidak dalam mimpi Anda."

Mackail percaya bahwa mimpi buruk tidak secara langsung berhubungan dengan kehidupan nyata. Bunga tidur itu hanya mencerminkan emosi tidur atau sebagai tanda bahwa ada masalah yang belum terpecahkan.

Jika kamu suka artikel ini, sumbangkan komentar kamu

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meluangkan sedikit waktunya untuk memberikan komentar tentang apa yang telah dibacanya... :)