Di Jepang, sebuah layanan online baru membuat
sensasi yang begitu besarnya hingga menjadi topik bahasan di situs berita Web
2.0 TechCrunch. Sekarang ini banyak wanita Jepang yang tergila-gila pada pacar
virtual (virtual boyfriend). Webkare (Web Boyfriend dalam bahasa Jepang) adalah
gabungan antara situs jejaring sosial dengan simulasi pacaran yang menjadi
sensasi web baru di Jepang. Ditujukan bagi para pengguna wanita, situs ini
berhasil menarik perhatian 10.000 anggota hanya dalam 5 hari, setelah pertama kali
dirilis pada tanggal 10 September. Dalam periode ini mereka berhasil mendulang
3.5 juta page view.
Situs ini merupakan pencapaian yang besar.
Para wanita berlomba untuk menjadi anggota situs ini sekaligus mencoba simulasi
berpacaran dengan gaya anime. Mereka harus menarik perhatian satu dari empat
tokoh anime lelaki pilihan mereka (yang merupakan "bintang" dari
situs ini) saat pendaftaran dan kemudian berusaha untuk menarik perhatian tokoh
pilihan mereka melalui "percakapan-percakapan" yang mereka pilih,
pengguna juga harus berkolaborasi dengan anggota Webkare lainnya jika ingin
meneruskan permainan ke tahap lebih lanjut. Pada akhirnya mereka akan
menaklukan hati dari tokoh kartun pria pilihan mereka.
Layanan ini cukup pintar karena simulasi
pacaran sudah populer di Jepang untuk waktu yang cukup lama (ingat bahwa Jepang
memiliki budaya yang cenderung berbeda dengan kebanyakan negara lain dan banyak
memiliki ide aneh yang hanya populer untuk pasar Jepang). Namun Webkare hadir
dengan menawarkan konsep baru secara online dan sekaligus mengkombinasikannya
dengan fungsi situs jejaring sosial.
Untuk sementara waktu, Anda dapat menggunakan
Webkare secara gratis, karena mereka menampilkan iklan dan beberapa afiliasi
sebagai sumber pendapatan. Kelak Webkare akan mempraktekkan beberapa strategi
peng-uangan, salah satu caranya adalah dengan mengubah konsep tersebut menjadi
video game atau novel, merchandise, menjual barang virtual, merambah ponsel,
mengembangkan konsep untuk pengguna pria dan premium membership.