Ban pesawat terbang
dirancang secara khusus untuk mampu menahan beban yang berat, memberikan rasa
nyaman pada penumpang, dan bertahan ketika pesawat bergerak di landasan dengan
kecepatan yang cukup tinggi.
Sebenarnya, ukuran ban pesawat terbang hampir sama dengan ukuran ban
mobil. Memang ukuran ini tampak kecil bila dibandingkan dengan ukuran pesawat.
Mengapa dipilih ban kecil, sebab ban dengan ukuran yang terlalu besar
menyulitkan ban tersebut menahan torsi berat pesawat.
Ban pesawat bukan ban yang
padat. Di dalamnya ada gas/udara dengan tekanan yang cukup besar, sekitar enam
kali lebih besar dari tekanan ban mobil penumpang. Tekanan sebesar ini
dibutuhkan untuk menahan berat pesawat yang besar. Kelenturan atau deflection (perbedaan
tinggi ban sebelum dan sesudah dipasang) ban pesawat sekitar 2 - 3 kali lebih
besar dari ban mobil.
Kelenturan yang tinggi ini membuat penumpang pesawat lebih nyaman ketika
pesawat mendarat. Ban pesawat juga diharapkan mampu bertahan ketika pesawat
bergerak dengan kecepatan sekitar 340 km/jam atau sekitar dua kali kecepatan
maksimum mobil.