Bagi para pemilik kendaraan bermotor, pastilah
pernah merasa kecewa saat mengisi bensin di Pom Bensin (SPBU).
Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom
Bensin yang bagus:
1. LEBIH BAIK ISI
DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)
Tiap pom bensin memiliki kode depan
masing-masing dimana anda bisa mengetahuinya?
Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom
Bensin yang bagus:
Pernah memperhatikan plang nama besar saat
menuju ke SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau
34.XXXXX. itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah .
Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan.
Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta
Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalau kepala 5 kayaknya Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan
Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer.
Jadi yang penting angka keduanya 1, tidak masalah berapapun angka pertamanya
karena itu kode wilayah .
Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU.
Pertama COCO alias corporate owner corporate operate, CODO yakni corporate
owner dealer operate. Terakhir DODO, dealer owner dealer operate. Ini berdasar
pada situs spbu.pertamina.com
Karena dikendalikan oleh pertamina, maka
kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa
bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat
balik modal, pengusaha jadi berlaku curang. kalo saya sih nyaranin ngisi bensin
sebaiknya di SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality
control-nya cukup bagus..
saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2
yang telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode 31 (Angka Kedua
1)takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda
"PASTI PAS".
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31
(Angka Kedua 1) ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding dengan yang
kode 34.
cara buktiinya:
Coba bagi anda yang menggunakan mobil/ motor
matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya. Jika mengisi bensin di pertamina
dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang
dan tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya
Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang
ngisi bensin di pom bensin tersebut, di pom bensin kode 31 (Angka Kedua 1)
pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi. Ini sudah saya
buktikan sendiri.
Coba anda mengisi 1 Liter bensin di Pom bensin
31 (Angka Kedua 1) dan pom bensin 34, bandingkan aja dari sisi kualitas (mesin
lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis).
Coba anda tanya sama supir angkot atau supir
taksi dimana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di pom
bensin 31 (Angka Kedua 1)karena mereka juga banyak ngisi di pom bensin 31
Kalo gak percaya bisa dibuktikan sendiri anda,
tapi tidak semua 34 juga tidak seperti itu.
2. TIAP ISI
BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS
AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA
Pernahkah saat anda mengisi bensin, tuas
handle ditekan-tekan begitu oleh petugasnya? Pasti kita pernah melihatnya.
Kenapa begitu? Karena banyak oknum yang nakal dengan cara memainkan takaran
bensin dengan tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih
sedikit dari apa yang seharusnya.
Pengalaman saya ngisi di pom bensin kode 31
(Angka Kedua 1), petugasnya tidak pernah menekan-nekan tuas handle selang
sewaktu mengisi sedangkan di kode 34 silahkan lihat deh. Kalau anda sewaktu
ngisi bensin "digituin", petugasnya ditegur aja.
3. ISILAH BENSIN
WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki
penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental
bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan
mengembang.
Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari
atau petang hari, sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan
anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli. Dalam bisnis
perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan
bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting.
Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam bisnis ini.
Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/kompensasi karena temperatur
4. ISI BENSIN
SAAT TANGKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar
yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian
tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita
bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai
apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai
clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi,
tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.
5. JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR
SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat
bahan bakar dipompakan dari truk ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya
akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk
ke tangki kendaraan anda.