Facebook boleh saja dianggap sebagai jejaring sosial terbesar saat ini. Namun bukan berarti situs media sosial lainnya tak bertaji, salah satunya Twitter. Pengguna internet dirasa harus memanfaatkan situs 140 karakter ini.
Menurut pengamat media sosial Jeff Bullas,
penggunaan Twitter bukan cuma sekadar sebagai media untuk bebas
berkicau. Namun bisa pula dimanfaatkan untuk kepentingan mengangkat pamor
personal ataupun perusahaan.
Berikut 10 alasan kenapa Anda harus main Twitter:
1. Komunitas
Di Twitter, Anda dapat menemukan banyak
komunitas yang bisa sharing informasi secara real time. Mulai dari yang
membicarakan teknologi, olahraga, kesehatan, cinta, dan masih banyak lagi.
Jika Anda dari sisi perusahaan, tentu juga
bisa membangun komunitas terkait produk yang Anda geluti via Twitter.
2. Mengarahkan Trafik ke Blog/Situs
Twitter juga bisa dioptimalkan sebagai alat
pemancing. Maksudnya, jika Anda memiliki blog atau situs pribadi/perusahaan,
maka dapat memanfaatkan Twitter sebagai medium untuk menarik pengunjung.
Caranya mudah, posting saja hal-hal menarik
yang memancing rasa penasaran banyak orang. Setelah itu, jika ingin informasi
yang lebih detail, berikan link untuk diakses follower Anda. Tentu saja link
tersebut mengarah pada blog atau situs yang dimaksud.
3. Informasi Real Time
Informasi menyebar dengan sangat cepat di Twitter.
Kicauan yang lalu-lalang begitu cepat dipantulkan balik oleh para tweeps.
Fenomena inilah yang membuat Twitter dapat menjadi media untuk memberikan
informasi terupdate secara real time.
Contoh sederhananya, misalkan ada kecelakaan
di tol dalam kota. Pengguna jalan tol yang memiliki akun Twitter biasanya akan
melontarkan unek-unek mereka atau memang ingin sharing info di situs
mikroblogging ini.
Lantaran ini termasuk informasi penting,
terutama bagi penduduk Jakarta, maka ia akan cepat menyebar. Kata bekennya
banyak diretweet, hingga akhirnya sampai ke timeline Anda.
4. Membuka Jaringan
Pengguna Twitter berasal dari latar
belakang berbeda. Dan bukan tidak mungkin mereka yang penting bagi karir atau
terkait aktivitas perusahaan, bisa Anda temui dengan mudah di Twitter.
Selanjutnya bisa ditebak, jaringan bisa mulai dirajut di sini.
5. Sebarkan Idemu
Punya pemikiran brilian? Jangan cuma disimpan
di dalam hati. Nah, bisa juga dilontarkan melalui tweet-tweet Anda. Jika
menarik pasti banyak yang meretweet. Nah, bila disampaikan dengan bahasa
global, tentu tweet Anda pun bisa mendunia.
6. Menggaet Audiens Global
Jika berbicara internet tentu kita tak lagi
bisa berpikir lokal. Begitu pula di Twitter, net citizen global dapat
berinteraksi dengan mudah. Kondisi ini tentu bisa dimanfaatkan oleh perusahaan
yang ingin menggaet pelanggan global.
7. Membangun Personal Brand
Twitter menyediakan tempat bagi Anda untuk sharing
foto, link ke website atau blog, serta ruangan untuk menelurkan ide-ide.
Fasilitas ini setidaknya bisa menjadi awal mula bagi untuk menciptakan personal
brand sendiri di dunia digital.
8. Layanan Customer Service
Ingin lebih dekat dengan pelanggan Anda?
Bikinlah akun Twitter, tapi jangan pakai nama akun personal. Buatlah yang
khusus untuk menjadi layanan customer service perusahaan Anda.
Tapi ingat, jangan pula bergaya bak robot yang
cuma menjejali follower dengan jualan produk. Sebab bisa-bisa dianggap spam
alias jadi sumber 'pesan sampah'.
9. Menyampaikan Unek-unek
Tentu saja Twitter tak selalu digunakan
untuk keperluan serius. Melontarkan unek-unek atau sekadar curhat juga sangat
memungkinkan di sini. Asal jangan njeplak, ibarat kosakata Betawi, karena ada
etika yang harus diikuti. Think before posting!
10. Tes Reaksi Pasar
Satu lagi fungsi Twitter bagi kalangan
perusahaan/pebisnis. Mereka bisa memanfaatkan massa di Twitter untuk melakukan
sedikit survei kecil-kecilan.
Misalnya, ada seorang pengusaha pakaian yang
ingin membuat produk baru. Sebelum memproduksinya secara massal, Anda tentu
bisa meminta pendapat dari follower di Twitter terhadap rancangan pakaian yang
telah disiapkan. Pasti banyak yang meresponsnya.
Nah, bagaimana bagi Anda yang belum pernah
main Twitter, apakah mulai tertarik?