Warung Internet

Dunia yang asik untuk berbagi...

Pada tanggal 19 November 2012 DD akan ganti template, jadi jika kamu mengalami gangguan pada tanggal itu Admin mohon maaf | Mohon maaf untuk sementara artikel Humor dan Cermis belum bisa diposting. InsyaAllah akan mulai berjalan normal pada awal bulan desember 2012 |

Kamu suka artikel ini? Klik "Like" dan +1!

tahu bau [DuniaQ Duniamu]

Aromanya menyengat hidung saat potongan tahu warna putih dimasukkan ke penggorengan berisi minyak panas. Di balik bau busuk itu, ada cita rasa khas saat menguyahnya. Ternyata enak! Para traveler di Taiwan menggemarinya.

Chou Tou Fu biasa disebut dengan Stinky Tofu alias tahu bau merupakan salah satu jajanan yang digemari wisatawan di Shinlin Night Market. Pasar malam ini buka hingga pukul 02.00 dinihari waktu setempat.

detikTravel berkunjung ke pasar malam ini pada Sabtu (26/5/2012) kemarin. Sepenglihatan penulis, tahu ini bentuknya mirip tahu Sumedang. Potongan tahunya kotak kecil-kecil, lalu digoreng.

Bukan hanya digoreng, makanan ringan ini diolah dengan cara dikusus bahkan dipanggang. Saat disajikannya bersama bumbu-bumbu pedas, irisan sayuran, dan saos soya.

Pembeli yang ingin mencicipi tahu bau harus antre dan hanya merogoh kocek 50 NT atau sekitar Rp 15 ribu yang per bungkusnya dapat 6 potong tahu.

"Tahunya lembut, garing, dan baunya hilang saat disantap. Rasanya sih mirip tahu gejrot, ada kuah cabai dan sayuran. Soal pedas ya selera," kata Nurhayati, salah seorang pembeli asal Indonesia di Shinlin Night Market, Taipei, Taiwan, pada Sabtu 26 Mei 2012.

Hartini, pengunjung lain juga gemar menyantap tahu bau ini. "Biar bau tetapi enak rasanya. Tahunya lembut di mulut. Kalau saya suka yang dibakar," kata Hartini, pekerja di travel agen Taiwan ini.

Selain tahu bau, pecinta kuliner di Shilin Night Market dapat mencicipi gulali stroberi. Buah-buah segar itu dicelup dalam saus gula warna merah. Harganya juga 50 NT atau Rp 15 ribu.

"Manis dan asem, segar," kata Wina.

Ada juga pedagang buah potong segar. Ada mangga, jambu, stroberi, dan durian. "Jangan sesekali mencoba tester buah segar yang ditawarkan. Kalau Anda mencicipi, si pedagang akan mengejar Anda untuk membelinya, bahkan memaksa. Harganya mahaaal....," cerita Jenny, pemandu wisata.

Berwisata tidak lengkap tanpa oleh-oleh. Bagi pelancong yang ingin membeli oleh-oleh, berkunjunglah ke toko kue "Vigor Kobo".

Pengunjung bisa icip-icip tester aneka kue andalan di toko ini. Kuenya lembut mirip kue nastar dengan selai nanas di tengahnya. Juga ada kue kacang hijau, dan lainnya. Pembeli yang membeli kue dalam jumlah besar bisa dikemas dalam kardus.

Setelah itu, bagi yang berminat membeli lalu mengisi list kue yang hendak dibelinya. Harganya bervariatif. Di toko ini dijajakan aneka macam buah tangan.

Yang paling menarik, kue nanas bergambar Negara Taiwan. Kue ini dibandrol dengan harga 1.200 NT atau berkisar Rp 370 ribu per bungkus. Kue ini biasanya menjadi oleh-oleh tamu kenegaraan. Berminat mencoba?

Jika kamu suka artikel ini, sumbangkan komentar kamu

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meluangkan sedikit waktunya untuk memberikan komentar tentang apa yang telah dibacanya... :)