Warung Internet

Dunia yang asik untuk berbagi...

Pada tanggal 19 November 2012 DD akan ganti template, jadi jika kamu mengalami gangguan pada tanggal itu Admin mohon maaf | Mohon maaf untuk sementara artikel Humor dan Cermis belum bisa diposting. InsyaAllah akan mulai berjalan normal pada awal bulan desember 2012 |

Kamu suka artikel ini? Klik "Like" dan +1!


sholat dhuha
Secara tegas hadits Nabi saw mengatakan bahwa sholat dhuha adalah bagian dari cara seorang hamba mengetuk kuasa Allah swt untuk membuka rizki yang datangnya dari Allah ta’ala.

Rasulullah bersabda di dalam Hadits Qudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha, karena dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim & Thabrani).

Adapun tipsnya supaya bisa mengerjakan dhuha dengan khusyu’ dan istiqomah adalah sebagai berikut;

1. Niat melaksanakan sholat dhuha, niatnya ditanamkan sejak pagi hari sebelum memulai aktifitas keseharian. Jika belum bisa ikhlas atau kalau masih belum bisa juga, ya lakukan saja dengan berbagai motivasi. Yang penting harus melakukan dhuha dengan paksa dulu.

2. Kalau sudah berjalan secara otomatis setiap harinya, selanjutnya adalah memeliharanya secara kontinuitas (keistiqomahan) itu dengan baik. Dalam keadaan apapun jangan pernah ditinggalkan. Ketahuilah watak psikis manusia secara umum adalah ketagihan, kalau sudah terbiasa melaksanakan dhuha kemudian sesekali tidak dilaksanakan dikhawatirkan akan keterusan.

3. Kalau sesekali terasa berat, maka perintahkan kepada hati, bahwa persendian manusia berjumlah 360 sendi, semua persendian setiap harinya menuntut untuk disedekahi.
Imam Ahmad dan Abu Daud dari Buraidah bahwa Rasulullah saw bersabda, ”Dalam tubuh manusia itu ada 360 ruas tulang. Ia harus dikeluarkan sedekahnya untuk tiap ruas tulang tersebut.”

4. Salah satu bentuk sedekahnya adalah berdzikir kepada Allah swt minimal sejumlah persendian tersebut, lalu apa hubungannya dengan dhuha?. Dalam dhuha ada banyak bacaan ayat qur’an, setelah dhuha ada beberapa bacaan-bacaan yang mana bacaan-bacaan itu bisa dianggap sebagai sedekah.

Jika kamu suka artikel ini, sumbangkan komentar kamu

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meluangkan sedikit waktunya untuk memberikan komentar tentang apa yang telah dibacanya... :)